Bismillah

Selasa, 06 Maret 2012

Terjadi lagi ... sebuah truk terguling di Bundaran patung kuda Jababeka 06 Maret 2012

Bagi pengendara yang akan melintasi Bundaran Patung Kuda Jababeka 2 harus selalu ektra hati-hati apalagi jika berdekatan dengan mobil truk atau truk gandeng karena pada hari ini selasa 06 Maret 2012 terjadi  sebuah insiden kecelakaan tunggal kembali terjadi di lokasi ini, pagi tadi sebuah mobil truk terguling saat memutari Bundaran Patung Kuda di dekat Plaza JB Jababeka 2. 
Truk terguling di Bundaran Patung Kuda - Jababeka 2 pada 06 Maret 2012
Insiden ini bukanlah yang pertama terjadi, namun untuk yang kesekian kalinya pada lokasi yang sama dengan kronologis yang sama yaitu saat kendaraan memutari Bundaran Patung Kuda, mayoritas korban dari Bundaran Patung Kuda ini adalah mobil truk atau truk gandeng ( kontainer ). Kejadian terakhir adalah pada 16 November 2011 sebuah truk bermuatan cat juga terguling di sini.
Truk pengangkut cat terguling di Bundaran Patung Kuda pada 16 November 2011
Hampir setiap kejadian mobil selalu terguling ke kiri, untungnya tidak ada kendaraan lain yang melintas disamping kiri truk tersebut. Jika ada kendaraan yang pada saat kejadian berada pada sisi kiri truk maka hampir dipastikan kendaraan tersebut akan tertindih oleh bak truk yang bermuatan barang tersebut. Bagaimana jika kendaraan roda dua  yang berada disisi truk tersebut, maka hampir pasti motor dan pengendara ataupun penumpangnya akan menjadi “REMPEYEK” manusia di tengah jalan raya.
Saya tidak tahu apakah sudah ada tindakan evaluasi terhadap keberadaan Patung Kuda tersebut ataupun sudah ada peringatan dini bagi para pengendara truk atau truk gandeng sebelum memutari Patung Kuda misalnya dibuat rambu - rambu peringatan “HATI-HATI TRUK / KONTAINER SERING TERGULING” atau “TRUK / KONTAINER DILARANG MASUK” sehingga truk / kontainer tidak bisa belok kanan namun ambil arah lurus ke depan Plaza JB atau apapun tindakan lainnya yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat kecelakaan di lokasi ini. Saya pikir aparat dan pemerintahan setempat lebih faham tentang atur dan mengatur jalan raya atau kita tunggu korban berikutnya dalam jumlah yang besar sehingga menjadi headline media nasional seperti demo buruh beberapa waktu yang lalu setelah itu dibuat pencintraan dengan tindakan yang cepat tanggap sambil mencari kambing hitam yang enak dipanggang untuk dijadikan sate.
So ... semoga ini adalah kejadian yang terakhir dan semoga dapat menjadi perhatian semua pihak demi kalancaran dalam beraktifitas bagi pengendara di area kawasan industri Jababeka khusunya di Bundaran Patung Kuda.

2 komentar:

  1. bagus n ok naskahnya, gan.. law bisa tambah datanya, Nopol, nama sopir, n komentar dari nara sumber atau saksi... biar lebih afdhol gan.. sofyan

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas komentar dan masukannya Pak Sofyan, InsyaAllah saya follow pada thread berikutnya ...

    BalasHapus

Thank you ...