Bismillah

Jumat, 16 Desember 2011

Saat Naik Kendaraan


Seorang muslim yang beriman akan selalu meminta perlindungan dari Allah SWT dimanapun dan kapanpun dia berada, tak terkecuali saat menempuh suatu perjalanan, baik perjalanan dekat apalagi perjalanan jauh yang menggunakan kendaraan sebagai alat transportasinya.
Di jaman sekarang jumlah alat transportasi berkembang pesat sehingga jalanan menjadi ramai oleh lalu lalang kendaraan, hilir mudik orang–orang yang lewat sambil mengendarai mobil dan motor silih berganti melewati permukaan aspal atau semen beton menjadi pemandangan biasa di jalanan saat ini.
Sehingga kemungkinan terjadinya kecelakaan ataupun musibah cukup tinggi dan dapat terjadi kapan saja atau dimana saja, sangat dibutuhkan konsentrasi dan fokus mata terhadap pergerakan orang–orang di sekitar kita yang sama-sama memanfaatkan jalan umum untuk mencapai tujuannya masing-masing.
Sebagai seorang muslim dianjurkan untuk membaca do’a saat mengendari kendaraan atau saat menaiki kendaraan agar selamat sampai tujuan dan berserah diri kepada Allah SWT yang akan mengendalikan kendaraan kita baik saat dikendarai sendiri ataupun dikemudikan oleh Supir.
Berikut ini adalah lafas membaca do’a saat naik kendaraan yang biasa saya ucapkan sebelum starter kendaraan posisi ON atau sebelum roda kendaraan mulai bergerak untuk berjalan :  

Bismillaah, Alhamdulillaahiladzii sakhkharalanaa hadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniina, wainnaa ilaa Rabbinaa lamunqalibuun  
Artinya :
“Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya”

Semoga perjalanan kita saat mengendarai kendaraan atau menaiki kendaraan dilindungi Allah SWT dan diberikan ketenangan serta konsentrasi yang stabil saat mengendarai kendaraan sehingga dapat mengendarai kendaraan dengan aman dan selamat sampai ke tempat tujuan.
Memulai dari sesuatu yang baik walaupun kecil dan merealisasikannya / membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari insyaAllah akan mendapat perlindungan dan rahmat dari Allah SWT, aamiin... aamiin... ya robbal alamiin ...  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you ...